5 Hal Random tapi Bermanfaat untuk Dikerjakan Saat Lelah Bekerja

Table of Contents
ilustrasi seseorang bekerja (pexels.com/cottonbro studio)
Seringkali rasa lelah datang bukan karena terlalu banyak pekerjaan, tapi karena isi kepala sudah terasa penuh memikirkan banyak hal. Di saat seperti ini, berhenti sebentar dan melakukan hal random bisa jadi penyelamat. 

Nggak harus ribet atau produktif banget, yang penting bikin hati plong dan pikiran terasa jauh lebih melegakan. Meskipun hal-hal ini random, namun sangat penting dilakukan karena ada manfaatnya.

Setidaknya, waktu lelah dan istirahat untuk bekerja juga tetap menjadi bermakna dan mempunyai dampak positif ke depannya. Nah, inilah 5 hal random yang sering disepelekan tapi tetap bermanfaat yang bisa kamu coba saat lelah bekerja!

1. Menyortir foto di galeri smartphone

ilustrasi foto palaroid (pexels.com/Lisa from Pexels)
Scroll galeri sambil hapus foto blur, screenshot nggak penting, atau meme yang sudah tidak relevan bisa jadi kegiatan menyenangkan. Selain membuat penyimpanan di smartphone lebih lega, kamu bisa nostalgia melihat momen lama yang bikin senyum sendiri. 

Aktivitas ini juga ringan dan nggak butuh mikir berat. Cocok banget buat istirahat sejenak sambil rebahan saat lelahnya bekerja. 

Seringkali orang-orang melupakan bagian ini, karena hanya fokus menggunakan smartphone setiap hari untuk produktif saja. Padahal, penyimpanan yang penuh bisa berakibat pada kinerja smartphone tersebut dan menjadi lemot.

2. Ganti wallpaper smartphone atau desktop dengan yang lebih segar

ilustrasi wallpaper laptop (pexels.com/Parth Shah)
Kelihatannya sepele, tapi visual yang baru bisa memberi semangat baru. Kamu bisa memilih gambar yang tenang, lucu, atau menginspirasi supaya suasana kerja jadi lebih nyaman. 

Kadang hal kecil seperti ini bisa bikin mood kamu berubah drastis menjadi lebih baik. Setidaknya, kamu tidak bosan dengan tampilan layar yang itu-itu saja, sekaligus menjadi self-reminder kalau kamu berhak merasa senang. 

Apapun walpaper yang kamu pilih juga bisa menandakan kegemaran ataupun favorit terhadap suatu hal. Misalnya kamu suka memasang walpaper tentang alam, artinya kamu menyukai keindahan dan ketenangan.

3. Menyusun playlist musik dengan tema anti-mainstream

ilustrasi belajar menulis artikel sambil mendengarkan lagu (pexels.com)
Terdengar berlebihan, namun ini juga bisa jadi ruang untuk kamu menggunakan waktu dengan baik sekalipun saat lelah bekerja. Misalnya, kamu bisa membuat playlist dengan judul "Lagu yang Enaknya Didengar Pas Hujan Gerimis dan Dompet Tipis" atau "Soundtrack Kalau Lagi Ngerjain Deadline Jam 2 Pagi". 

Menyusun playlist seperti ini bisa jadi hiburan sekaligus bentuk ekspresi diri. Kamu jadi punya soundtrack personal yang bikin momen-momen receh terasa lebih spesial. 

Bonusnya, kamu bisa mendengarkannya kapan pun saat membutuhkan semangat atau hiburan. Siapa tahu suatu saat nanti pas kamu sedang bosan dan ingin mendengarkan lagu, tidak perlu lagi repot-repot mencarinya. Karena kamu ingat sudah punya playlist yang disusun jauh-jauh hari.

4. Mindless doodling atau coret-coret bebas

ilustrasi coret-coret yang menarik (pexels.com/Bich Tran)
Nah, kalau kegiatan yang satu ini kamu nggak harus jago gambar. Asalkan kamu punya kertas dan pulpen, langsung saja coret-coret sesuka hati. 

Bisa jadi pola abstrak, karakter lucu, atau hanya sekadar tulisan tangan random. Ini cara simpel untuk menguraikan stres dan melepas rasa penat meski hanya beberapa menit. 

Kadang justru dari coretan iseng, muncul ide-ide segar yang nggak disangka. Seperti sebuah benang yang kusut, seringkali cukup diuraikan secara perlahan supaya membaik dan ternyata tidak serumit itu masalah yang sedang kamu hadapi.

5. Merapikan satu sudut meja kerja

ilustrasi merapikan meja kerja (pexels.com)
Bukan berarti bersih-bersih total, cukup satu bagian kecil saja. Misalnya seperti laci, tempat alat tulis, atau tumpukan kertas. 

Rasanya seperti melakukan refresh kecil untuk kepala yang sedang pusing dan lelah memikirkan pekerjaan sehari-hari. Meja kerja yang sedikit lebih rapi dapat memberikan efek psikologis yang menenangkan. 

Kamu akan merasa mempunyai kendali lagi atas hari yang tadinya berantakan dan melelahkan. Kalau ada yang perlu dibuang juga tidak masalah, namun pastikan dokumen-dokumen penting tidak ikut terbuang, ya!

Istirahat tidak harus berarti berhenti total. Kadang cukup mengalihkan energi ke hal lain yang ringan tapi menyegarkan. Nah, 5 hal random tersebut mungkin terlihat sepele, tapi bisa jadi penyelamat di tengah lelahnya rutinitas dalam bekerja. Harapannya, mood kamu makin membaik dan pekerjaan jadi lebih lancar. Kamu mau coba yang mana dulu, nih?
Moch Abdul Aziz
Moch Abdul Aziz Aktif sharing tips dan motivasi menulis di instagram dan tiktok dengan username @abdulaziz.writer

Posting Komentar